LANGKAH 6: Rencana pemasaran
Pada bagian berikutnya dari Rencana Bisnis, Anda perlu menulis rencana pemasaran. Sementara mempersiapkan bagian ini Anda perlu menguraikan secara singkat apa yang biasa dikenal sebagai “4P. 4P disusun dari berikut:
* Price = Harga
* Produk
* Place =Tempat
* Promosi
Dua P pertama dari rencana pemasaran yang Anda perlu bangun adalah harga dan produk. Ini sangat sederhana, karena Anda telah mengerjakan ini pada bagian “Produk/Jasa”.
P ketiga adalah Place = Tempat. Di sini Anda menulis uraian terperinci tentang dimana Anda berencana memperoleh produk yang Anda akan jual. (yaitu. distributor). Anda juga perlu mencantumkan dalam bagian ini tentang bagaimana Anda berencana menyampaikan produk ke konsumen. Sebagai contoh, kalau Anda akan memulai perusahaan mebel, maka Anda perlu menjelaskan darimana Anda akan memperoleh perabot mebel, dan bagaimana Anda berencana menyampaikannya ke pelanggan Anda.
P keempat adalah Promosi. Ini adalah P yang terpenting di bagian ini, dan ini harus menjadi bagian yang paling panjang. Di bagian ini adalah tanggungjawab Anda untuk menjelaskan bagaimana rencana Anda dalam menarik perhatian untuk bisnis Anda dan teknik² periklanan yang Anda berencana akan pergunakan. Ketika menulis bagian ini, Anda perlu meliputi yang berikut:
* Daftarkan sarana apa yang akan Anda gunakan ketika beriklan. Apakah Anda berencana membuat iklan televisi atau radio komersil? Apakah Anda berencana pada iklan cetak atau brosur/email? Atau, apakah Anda berencana membeli satu iklan besar pada Halaman Kuning.
* Daftarkan bagaimana Anda akan mengiklankan bisnis Anda pada lokasi bisnis itu sendiri. Di bagian ini Anda perlu mendiskusikan logo / signage bisnis Anda. Jika bisnis Anda adalah bisnis yang bergerak, atau bisnis rumahan, maka Anda perlu menjelaskan di bagian ini bagaimana Anda berencana menarik perhatian untuk bisnis Anda. Sebagai contoh, jika Anda berencana mempunyai situs web, Anda perlu mencantumkannya di sini.
Akhirnya, sebagai bagian naratif dari bagian ini, Anda perlu menjelaskan strategi pemasaran lengkap Anda yang akan meliputi semua butir yang didaftarkan di atas.
LANGKAH 7: Tim Manajemen dan Personalia Penting
Di bagian Rencana Bisnis ini, Anda perlu mencantumkan uraian dan pengalaman dari manajemen puncak / pemilik atau personalia penting lainnya. Di bagian ini Anda perlu menulis narasi tentang pengalaman mereka pada bisnis yang Anda akan lakukan, atau pengalaman kerja yang terkait lainnya. Pada akhir dari bagian ini Anda perlu juga menyertakan riwayat hidup dari semua personalia penting.
PETUNJUK: Jangan mengabaikan bagian ini dengan tidak mencurahkan waktu yang cukup padanya. Kalau Anda sedang mengajukan aplikasi pembiayaan bisnis, dan ada faktor² lain yang menjadi penghalang, maka pengalaman dan karakter dari personalia puncak mungkin menjadi alasan bahwa Anda tetap didanai. Bukti positif dari ini dapat dilihat pada beberapa program KUK ketika mereka mempertimbangkan “karakter”. Kalau Anda mempekerjakan orang-orang baik, dengan latar belakang baik, maka itu adalah nilai tambahan untuk bisnis Anda.
LANGKAH 8: Butir Data lain
Ada butir² lain yang umumnya Anda mau letakkan ke dalam Rencana Bisnis Anda yang tidak termasuk ke bagian yang lain. Kalau Anda punya butir² demikian, yang berkaitan dengan bisnis Anda, harap cantumkan di sini. Sebagai contoh, kalau Anda sedang mengawali bisnis jasa pindahan, dan sehubungan dengan itu, Anda telah memiliki sendiri satu truk angkut pindahan. Bagian ini bisa berisi informasi apapun. Namun demikian, Anda tentu tetap ingin memelihara profesionalisme dan integritas dari Rencana Bisnis Anda. Oleh sebab itu, cobalah untuk hanya mencantumkan butir di bagian ini yang:
* Benar-benar berkaitan dengan bisnis
* Akan menolong keputusan pembiayaan (cantumkan hanya butir yang positif)
LANGKAH 9: Kesimpulan
Di bagian ini, Anda perlu menyimpulkan seluruh bagian tekstual dari Rencana Bisnis. Pastikan bahwa Anda menyatukan semua bagian, dengan memberikan pembaca satu keterangan ringkas dan saksama dari bisnis secara utuh. Ingatlah, Rencana Bisnis tidak hanya untuk penggunaan Anda, tapi akan dibaca oleh orang lain. Rencana Bisnis itu sendiri harus mengalir lancar, dan harus jelas bagi semua orang yang membacanya.
CATATAN: Makin terperinci Rencana Bisnis, makin sedikit lah pertanyaan yang akan diajukan sumber pembiayaan kepada Anda, sebelum mereka memutuskan untuk membiayai. Juga, makin banyak pekerjaan yang Anda lakukan pada saat menulis Rencana Bisnis, makin baik lah persiapan Anda ketika tiba saatnya membuka atau memperluas bisnis Anda.
Keuangan
Separuh pertama dari Rencana Bisnis adalah bagian naratif, yang menjelaskan bagaimana bisnis Anda akan dioperasikan, dan apa yang Anda sedang rencanakan. Setengah bagian, Keuangan, adalah sisi angka dari Rencana Bisnis. Bagian ini sangat penting sebab sumber pembiayaan suka menelaah angka-angka; karena inilah caranya mereka dapat memastikan bahwa mereka akan dibayar kembali. Harap mengikuti langkah berikut untuk memastikan bahwa Anda akan mencantumkan semua unsur yang diperlukan.
LANGKAH 10: Laporan Keuangan yang lampau
Kalau Anda sedang mengawali satu bisnis baru, Anda perlu menyediakan dokumen keuangan kunci bagi orang-orang untuk menelaah Rencana Bisnis. Dokumen ini harus meliputi yang berikut, dan harus mencakup tiga (3 ) tahun terakhir:
* Pajak untuk (para) pemilik atau personalia utama
* Rangkuman akun pribadi untuk (para) pemilik atau personalia utama. Ini harus meliputi cek, tabungan, dan akun investasi lainnya.
* Kepemilikan atau kolateral. Kalau (para) pemilik mempunyai sesuatu yang bernilai besar yang dapat dipergunakan sebagai kolateral bilamana dibutuhkan, Anda perlu mencantumkannya disini.
(berlanjut)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar