Senin, 14 Desember 2009

MENYUSUN BUSSINES PLAN...(2)

LANGKAH 3: Analisa Pasar dan Kompetisi
Analisa Pasar dan Kompetisi adalah salah satu dari porsi yang lebih panjang dan lebih rumit dari Rencana Bisnis. Bagian ini harus sangat terperinci, dan pada akhirnya akan menyediakan Anda satu gambaran jernih tentang akan menjadi apa proyeksi pasar dan penjualan Anda begitu bisnis Anda telah berjalan. Bagaimanapun, Anda juga harus menyadari bahwa bagian ini adalah bagian yang paling sulit untuk ditulis, dan akan memerlukan beberapa jam untuk melengkapinya.
Bagian ini tidak harus sepanjang tertentu; Anda hanya perlu menulis sebanyak yang dibutuhkan untuk menguraikan bagian ini. Harap lihat uraian di bawah untuk Analisa Pasar dan Analisa Kompetisi, dan apa yang termasuk dalam narasi mereka.

Kompetisi Pasar:
Di bagian ini, Anda perlu mendeskripsikan pasar pada area operasi Anda, dan kebutuhan untuk jenis bisnis Anda di area operasi itu. Anda juga perlu mendeskripsikan potensial pasar untuk bisnis Anda. Untuk memenuhi ini, Anda perlu menguraikan secara singkat jumlah dari pelanggan yang Anda akan punyai. Untuk menyediakan informasi ini, Anda perlu melakukan hal-hal berikut:

* Menaksir berapa banyak orang-orang yang tinggal di daerah geografis bisnis Anda, atau
* Menaksir berapa banyak orang-orang akan melewati area bisnis Anda per hari

Meneliti informasi ini dengan menggunakan statistik sensus lokal, atau dengan benar-benar menghitung jumlah dari orang-orang di depan satu lokasi spesifik, Anda akan mampu menaksir pasar dimana bisnis Anda akan beroperasi.

Analisa kompetisi:
Di bagian ini, Anda perlu merumuskan satu gambaran ringkas tentang kompetisi Anda dalam kaitannya dengan angka. Untuk memenuhi kebutuhan ini, ikuti tahapan berikut:

* 1. Rumuskan penjualan tahunan dari kompetitor² utama Anda. Anda mungkin mampu untuk menentukan ini dengan melihat data ekonomi lokal, tapi kemungkinan besar Anda perlu menaksir ini dari observasi.
* 2. Untuk mengamati informasi ini Anda perlu benar-benar berada di area kompetisi untuk memperhatikan berapa banyak pelanggan yang benar-benar memasuki area bisnis mereka dalam jangka waktu tertentu. Begitu Anda punya angka ini maka Anda perlu mempergunakannya untuk menentukan angka rata-rata dari pelanggan per hari yang memasuki bisnis mereka. Ingat-ingat bahwa Anda juga harus menaksir periode² puncak dan periode³ yang lambat di sepanjang hari.
* 3. Mengambil angka rata-rata dari pelanggan per hari, kemudian taksir rata-rata dari apa yang setiap pelanggan belanjakan. Pengetahuan Anda tentang bisnis, atau pengalaman Anda di bisnis itu seharusnya membuat Anda mampu menaksir angka ini.
* 4. Hitung jumlah dari hari-hari bukanya bisnis.

Begitu Anda memiliki semua informasi yang diuraikan di bagian ini, maka Anda perlu menuliskan Analisa Kompetisi Anda. Kombinasi pengetahuan tentang berapa banyak pelanggan yang Anda miliki per hari, berapa banyak mereka berbelanja, dan jumlah dari hari bisnis buka per tahun, akan mengijinkan Anda untuk mendapat gambaran jernih tentang penjualan tahunan dari kompetisi Anda.
CATATAN: Anda mungkin punya beberapa kompetitor utama pada area operasi Anda. Agar benar-benar dapat mengembangkan Rencana Bisnis yang sukses, maka Anda perlu melaksanakan analisa ini pada setiap kompetitor Anda. Maka dari itu, bagian ini mungkin akan paling banyak menyita waktu di antara semua bagian dari Rencana Bisnis.

LANGKAH 4: Bagian Produk dan/atau Jasa
Di bagian ini, Anda perlu memutuskan apa yang bisnis Anda akan sediakan untuk para pelanggan Anda. Apakah Anda akan menjual produk? Apakah Anda akan menyediakan jasa? Apakah Anda akan menyediakan satu kombinasi produk dan jasa? Bagian ini harus menyatakan semua produk dan/atau jasa yang bisnis Anda akan sediakan; oleh sebab itu, tidak ada batasan halaman. Untuk menulis bagian ini, harap mengikuti tahapan ini:

* Butirkan dan daftarkan setiap produk yang Anda akan jual. Pastikan Anda liputi yang berikut:

1. Berikan uraian ringkas tentang setiap produk

2. Daftarkan berapa harga setiap unit

3. Daftarkan berapa banyak setiap unit yang Anda akan perlukan pada awal dari bisnis Anda

* Buat daftar dari jasa yang bisnis Anda akan laksanakan. Untuk membuat daftar ini, Anda perlu meliputi yang berikut:

1. Berikan uraian ringkas tentang setiap jasa

2. Berikan estimasi biaya untuk setiap jasa

3. Kalau jasa-jasa dapat dikombinasikan, maka berikan estimasi biaya untuk jasa-jasa kombinasi itu

* Kalau Rencana Bisnis Anda mengombinasikan produk dan jasa, maka Anda juga perlu meliputi satu bagian pada Rencana Bisnis Anda yang menguraikan hal ini. Harap cantumkan yang berikut kalau ini berlaku bagi bagian Anda:

1. Buat daftar terperinci dari semua kombinasi berbeda dari produk dan jasa yang bisnis Anda akan sediakan. Daftar ini juga harus mencakup struktur harga untuk setiap kombinasi.

CATATAN: Sebagai tambahan terhadap mendaftarkan produk, jasa, dan hargai bagi seluruh kombinasi berbeda, Anda perlu dengan singkat mendeskripsikan korelasi untuk setiap produk atau jasa untuk setiap jenis dari pelanggan yang bisnis Anda akan layani. Juga, kalau bisnis Anda akan menyediakan produk berbeda atau jasa pada satu basis musiman, kemudian Anda juga perlu mengulangi tahapan ini untuk setiap musim operasi.

LANGKAH 5: Lokasi
Bagian ini agak mirip ulangan dari yang didaftarkan pada Deskripsi Bisnis, akan tetapi, disini harus jauh lebih terperinci. Di bagian ini Anda harus menyediakan satu narasi terperinci tentang darimana bisnis Anda akan beroperasi. Anda perlu mendaftarkan beberapa hal-hal yang harus termasuk:

* Keuntungan dari lokasi yang Anda telah pilih
* Kerugian dari lokasi yang Anda telah pilih
* Kedekatan terhadap kompetitor Anda
* Kesulitan yang mungkin pelanggan Anda hadapi dalam menjangkau bisnis Anda

Setelah Anda menjelaskan empat poin di atas, Anda perlu juga menjelaskan bagaimana Rencana Bisnis Anda dalam hal menyeimbangkan atau mengatasi kerugian dan/atau rintangan di atas.

(berlanjut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar