Senin, 14 Desember 2009

MENYUSUN BUSSINES PLAN...(4)

LANGKAH 4: Bagian Produk dan/atau Jasa
Di bagian ini, Anda perlu memutuskan apa yang bisnis Anda akan sediakan untuk para pelanggan Anda. Apakah Anda akan menjual produk? Apakah Anda akan menyediakan jasa? Apakah Anda akan menyediakan satu kombinasi produk dan jasa? Bagian ini harus menyatakan semua produk dan/atau jasa yang bisnis Anda akan sediakan; oleh sebab itu, tidak ada batasan halaman. Untuk menulis bagian ini, harap mengikuti tahapan ini:

* Butirkan dan daftarkan setiap produk yang Anda akan jual. Pastikan Anda liputi yang berikut:

1. Berikan uraian ringkas tentang setiap produk

2. Daftarkan berapa harga setiap unit

3. Daftarkan berapa banyak setiap unit yang Anda akan perlukan pada awal dari bisnis Anda

* Buat daftar dari jasa yang bisnis Anda akan laksanakan. Untuk membuat daftar ini, Anda perlu meliputi yang berikut:

1. Berikan uraian ringkas tentang setiap jasa

2. Berikan estimasi biaya untuk setiap jasa

3. Kalau jasa-jasa dapat dikombinasikan, maka berikan estimasi biaya untuk jasa-jasa kombinasi itu

* Kalau Rencana Bisnis Anda mengombinasikan produk dan jasa, maka Anda juga perlu meliputi satu bagian pada Rencana Bisnis Anda yang menguraikan hal ini. Harap cantumkan yang berikut kalau ini berlaku bagi bagian Anda:

1. Buat daftar terperinci dari semua kombinasi berbeda dari produk dan jasa yang bisnis Anda akan sediakan. Daftar ini juga harus mencakup struktur harga untuk setiap kombinasi.

CATATAN: Sebagai tambahan terhadap mendaftarkan produk, jasa, dan hargai bagi seluruh kombinasi berbeda, Anda perlu dengan singkat mendeskripsikan korelasi untuk setiap produk atau jasa untuk setiap jenis dari pelanggan yang bisnis Anda akan layani. Juga, kalau bisnis Anda akan menyediakan produk berbeda atau jasa pada satu basis musiman, kemudian Anda juga perlu mengulangi tahapan ini untuk setiap musim operasi.

LANGKAH 5: Lokasi
Bagian ini agak mirip ulangan dari yang didaftarkan pada Deskripsi Bisnis, akan tetapi, disini harus jauh lebih terperinci. Di bagian ini Anda harus menyediakan satu narasi terperinci tentang darimana bisnis Anda akan beroperasi. Anda perlu mendaftarkan beberapa hal-hal yang harus termasuk:

* Keuntungan dari lokasi yang Anda telah pilih
* Kerugian dari lokasi yang Anda telah pilih
* Kedekatan terhadap kompetitor Anda
* Kesulitan yang mungkin pelanggan Anda hadapi dalam menjangkau bisnis Anda

Setelah Anda menjelaskan empat poin di atas, Anda perlu juga menjelaskan bagaimana Rencana Bisnis Anda dalam hal menyeimbangkan atau mengatasi kerugian dan/atau rintangan di atas.

LANGKAH 6: Rencana pemasaran
Pada bagian berikutnya dari Rencana Bisnis, Anda perlu menulis rencana pemasaran. Sementara mempersiapkan bagian ini Anda perlu menguraikan secara singkat apa yang biasa dikenal sebagai “4P. 4P disusun dari berikut:

* Price = Harga
* Produk
* Place =Tempat
* Promosi

Dua P pertama dari rencana pemasaran yang Anda perlu bangun adalah harga dan produk. Ini sangat sederhana, karena Anda telah mengerjakan ini pada bagian “Produk/Jasa”.
P ketiga adalah Place = Tempat. Di sini Anda menulis uraian terperinci tentang dimana Anda berencana memperoleh produk yang Anda akan jual. (yaitu. distributor). Anda juga perlu mencantumkan dalam bagian ini tentang bagaimana Anda berencana menyampaikan produk ke konsumen. Sebagai contoh, kalau Anda akan memulai perusahaan mebel, maka Anda perlu menjelaskan darimana Anda akan memperoleh perabot mebel, dan bagaimana Anda berencana menyampaikannya ke pelanggan Anda.
P keempat adalah Promosi. Ini adalah P yang terpenting di bagian ini, dan ini harus menjadi bagian yang paling panjang. Di bagian ini adalah tanggungjawab Anda untuk menjelaskan bagaimana rencana Anda dalam menarik perhatian untuk bisnis Anda dan teknik² periklanan yang Anda berencana akan pergunakan. Ketika menulis bagian ini, Anda perlu meliputi yang berikut:

* Daftarkan sarana apa yang akan Anda gunakan ketika beriklan. Apakah Anda berencana membuat iklan televisi atau radio komersil? Apakah Anda berencana pada iklan cetak atau brosur/email? Atau, apakah Anda berencana membeli satu iklan besar pada Halaman Kuning.
* Daftarkan bagaimana Anda akan mengiklankan bisnis Anda pada lokasi bisnis itu sendiri. Di bagian ini Anda perlu mendiskusikan logo / signage bisnis Anda. Jika bisnis Anda adalah bisnis yang bergerak, atau bisnis rumahan, maka Anda perlu menjelaskan di bagian ini bagaimana Anda berencana menarik perhatian untuk bisnis Anda. Sebagai contoh, jika Anda berencana mempunyai situs web, Anda perlu mencantumkannya di sini.

Akhirnya, sebagai bagian naratif dari bagian ini, Anda perlu menjelaskan strategi pemasaran lengkap Anda yang akan meliputi semua butir yang didaftarkan di atas.

LANGKAH 7: Tim Manajemen dan Personalia Penting
Di bagian Rencana Bisnis ini, Anda perlu mencantumkan uraian dan pengalaman dari manajemen puncak / pemilik atau personalia penting lainnya. Di bagian ini Anda perlu menulis narasi tentang pengalaman mereka pada bisnis yang Anda akan lakukan, atau pengalaman kerja yang terkait lainnya. Pada akhir dari bagian ini Anda perlu juga menyertakan riwayat hidup dari semua personalia penting.
PETUNJUK: Jangan mengabaikan bagian ini dengan tidak mencurahkan waktu yang cukup padanya. Kalau Anda sedang mengajukan aplikasi pembiayaan bisnis, dan ada faktor² lain yang menjadi penghalang, maka pengalaman dan karakter dari personalia puncak mungkin menjadi alasan bahwa Anda tetap didanai. Bukti positif dari ini dapat dilihat pada beberapa program KUK ketika mereka mempertimbangkan “karakter”. Kalau Anda mempekerjakan orang-orang baik, dengan latar belakang baik, maka itu adalah nilai tambahan untuk bisnis Anda.

(BERLANJUT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar